Akibat Gempa, Sony Tutup Pabrik Sensor Di Jepang

Akibat Gempa, Sony Tutup Pabrik Sensor di Jepang,

Tokyo – Dua gempa besar yg mengguncang Jepang selatan pada Kamis dan Sabtu minggu dahulu berdampak kepada penutupan pabrik dua perusahaan besar, termasuk Sony.

Baru saja Sony menyampaikan bahwa fasilitas pabrik punya mereka yg memproduksi sensor gambar (image sensor) buat dipasok ke Apple dan pabrikan smartphone lainnya terpaksa harus tetap ditutup sementara waktu. Kerusakan parah yg dialami pabrik di Prefektur Kumamoto itu akibat terkena dampak besarnya gempa yg terjadi.

Hingga kini Pemerintah Jepang menyatakan bahwa negara mereka dalam keadaan darurat bencana level tinggi, menyusul beberapa gempa besar yg terjadi di Prefektur Kumamoto, Pulau Kyushu, wilayah selatan Jepang, pada Kamis (14/4/2016) dan Sabtu (16/4/2016) lalu.

Sony bakal memperpanjang penutupan pabrik sensor tersebut dan menyampaikan bahwa produksi di pabrik di Nagasaki dan Kyushu, sebagian mulai ditangguhkan. Raksasa teknologi Jepang itu juga belum memiliki batas waktu kapan mulai memulai kembali produksi di pabrik sensor tersebut.

Selama ini, Sony menguasai sekitar 40% pasar buat sensor CMOS (Complementary Metal-oxide Semiconductor), macam sirkuit terpadu yg mengubah cahaya menjadi sinyal listrik. Dan sensor gambar/ foto itulah yg digunakan selama ini di perangkat iPhone.

“Kami sejauh ini masih melakukan berbagai pengecekan seluruh fasilitas dan dampak dari potensi kerusakan gempa pada fasilitas pabrik kami, yg biasanya beroperasi selama 24 jam. Kami belum tahu bagaimana penutupan pabrik ini mulai berdampak pada pasokan ke pelanggan besar kita seperti Apple,” ujar juru bicara Sony kepada Reuters. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

April 18th, 2016 Kategori: Info Teknologi dan Gadget

Berikan Tanggapan untuk :Akibat Gempa, Sony Tutup Pabrik Sensor Di Jepang

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *