DxOMark Kini Juga Uji Benchmark Audio Smartphone

DxOMark Kini Juga Uji Benchmark Audio Smartphone,

facebook twitter
function shareFb() {
window.open(“https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=https://teknologi.inilah.com/read/detail/2549713/DxOMark-Kini-Juga-Uji-Benchmark-Audio-Smartphone”, “_blank”);
}
.txt-detail p { margin-bottom:27px; line-height:1.9; }

San Francisco – Selama ini DxOMark dikenal sebagai situs benchmarking kamera. Mereka kerap melakukan tes dan merangking jajaran smartphone baru berdasarkan kualitas kameranya.

Tak puas cuma bermain di area kamera, kini DxOMark merambah ke sektor audio. Sama halnya dengan kamera, DxOMark juga melakukan uji mencoba ke dua smartphone, dan merangkingnya berdasarkan kualitas.

Sebagai langkah awal, DxOMark coba menguji kualitas audio tujuh perangkat dari lima brand smartphone.

Hasilnya, Huawei Mate 20X menempati urutan teratas smartphone dengan kualitas terbaik. Diikuti iPhone XS Max dan iPhone 11 Pro Max di posisi kedua dan ketiga serta Samsung Galaxy Note 10+ dan Samsung Galaxy S10+ di posisi keempat dan kelima.

Mengutip The Next Web, protokol pengujian audio tentu berbeda dengan kamera. Di sini, DxOMark fokus pada kualitas perekaman dan playback (pemutaran audio).

Untuk melakukan tes, mereka membangun anechoic box, sebuah ruangan yg dirancang khusus bagi menyerap seluruh suara buat mengukur kemampuan audio dari mikrofon bawaan di smartphone.

Ada dua skenario yg dikerjakan sepanjang pengujian. Mulai dari perekaman video selfie, pertunjukan jalanan, konser, hingga rapat. Masing-masing skenario memiliki tantangan sendiri buat audio.

Konser misalnya, DxOMark menguji bagaimana kemampuan sebuah smartphone saat merekam konser dengan hasil minim distorsi di tengah volume suara bass yang tinggi.

Tantangannya mulai berbeda dengan skenario rapat/ meeting di dalam ruangan, di mana kualitas perekaman diuji buat merekam suara masing-masing individu.

Tim DxOMark juga melakukan pengujian buat mengukur kemampuan audio mengontrol noise atau gangguan suara, sumber suara, dan efek suara yg dihasilkan dari cara menggenggam ponsel yg berbeda.

Sementara bagi menguji kemampuan playback, DxOMark memiliki ruang khusus. Untuk ketika ini, situs benchmark ini cuma menguji kemampuan playback dari speaker ponsel.

Skenario yg digunakan adalah memutar audio ketika main game atau membagikan musik. Mereka mulai menilai kualitas audio dengan mengukur dua faktor seperti timber, soundscape, balance, dan volume.

DxOMark mulai menilai smartphone mana yg bisa menghasilkan suara jernih ketika memutar audio. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Oktober 15th, 2019 Kategori: Info Teknologi dan Gadget

Berikan Tanggapan untuk :DxOMark Kini Juga Uji Benchmark Audio Smartphone

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *