IDC: Smartphone China Kuasai 56% Pasar Indonesia

IDC: Smartphone China Kuasai 56% Pasar Indonesia,

.txt-detail p { margin-bottom:27px; line-height:1.9; }

Jakarta – Brand yang berasal China, Vivo, OPPO, dan Xioami, selalu merangsek pasar smartphone di Indonesia pada Q3 2018. Firma riset IDC Indonesia mencatat, gabungan dari tiga vendor tersebut bisa menguasai 56 persen pangsa pasar smartphone Tanah Air.

Sementara itu, brand yang berasal Korea Selatan, Samsung, tercatat masih merajai pasar smartphone Indonesia dengan persentase 28 persen.

Meski demikian, Samsung harus telah akan waspada. Pasalnya porsi mereka cuma terpaut 4 persen dari Xiaomi yg menduduki peringkat kedua, menggeser OPPO di periode yg sama tahun lalu.

OPPO sendiri dikaporkan turun ke posisi ketiga dengan pangsa pasar 19 persen, dibanding Q3 2017 dulu yg meraih 25,5 persen.

Adapun brand lokal Advan terhimpit dengan pasar brand yang berasal China. Tahun lalu, Advan masih dapat menjadi tiga besar merek besar smartphone di Indonesia. Namun, kini mereka terhempas ke posisi lima dengan persentase 5 persen, di bawah Vivo di peringkat keempat dengan persentase 11 persen.

Analis IDC Indonesia Risky Febrian menyampaikan bahwa ada kekhawatiran dari para pelaku industri smartphone lokal terhadap dampak dari depresiasi mata uang lokal.

“Merek lokal mengurangi pasokan persediaan bagi meminimalisir risiko kehilangan profit, setelah mengantisipasi perlambatan penjualan,” jelas Risky melalui cuitan di Twitter.

Di tahun ini, sejumlah brand China melakukan penetrasi di segmen ultra-low-end atau smartphone dengan harga di bawah US$100 atau Rp1,4 juta.

IDC Indonesia menyebut bahwa Xiaomi sangat agresif di segmen ini sehingga memicu brand seperti OPPO dan Samsung yg ikut bergelut di segmen tersebut.

Hal ini berdampak pada merek lokal, seperti Advan dan Evercoss yg sejak awal memang mengandalkan segmen ultra-low-end.

Secara total, IDC Indonesia mencatat pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 8,6 juta unit pada Q3 2018. Jumlah ini menurun 9 persen secara kuartal ke kuartal (QoQ), namun tumbuh 18 persen secara tahun ke tahun (YoY).

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Desember 21st, 2018 Kategori: Info Teknologi dan Gadget

Berikan Tanggapan untuk :IDC: Smartphone China Kuasai 56% Pasar Indonesia

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *