IPhone Makin Mahal, Tapi Pecinta Apple Tak Peduli

iPhone Makin Mahal, Tapi Pecinta Apple Tak Peduli,

.txt-detail p { margin-bottom:27px; line-height:1.9; }

Jakarta – Harga iPhone kini semakin mahal. Meski demikian, para penggemar Apple sepertinya tak terlalu peduli mulai hal tersebut.

Di tahun lalu, Apple merilis iPhone X dengan harga US$999 yg menandai kenaikan harga yg lebih besar dari biasanya. Satu tahun setelah itu, alias tahun ini, saat konsumen telah akan terbiasa dengan mahalnya harga ponsel premium, Apple kembali menaikkan harga iPhone.

Pekan lalu, Apple merilis iPhone XS Max, yg yaitu iPhone dengan harga paling mahal yg pernah ada. Smartphone itu dihargai akan dari US$1.099 dengan varian tertinggi dihargai US$1.499.

Harga komponen ponsel memang sudah menjadi semakin murah dalam sesuatu tahun belakangan. Walau begitu, harga iPhone baru Apple tak mencerminkan hal tersebut.

Semakin mahalnya harga iPhone memamerkan strategi Apple. Mereka berencana buat selalu mendapatkan untung dari iPhone meski jumlah penjualan iPhone sudah menjadi stagnan.

Langkah pertama yg Apple lakukan bagi itu adalah memastikan para penggemarnya tetap bersedia membeli iPhone baru walau harganya mahal. Tahun lalu, Apple launching iPhone X sebagai ‘uji coba’.

Ketika itu, Apple tetap merilis iPhone 8 dengan harga yg tidak jauh berbeda dari pendahulunya. Pada ketika yg sama, Apple juga tetap menyediakan iPhone SE, yg memiliki harga yg lebih terjangkau.

“Apple sedang menguji elastisitas harga dari produknya selama dua tahun belakangan dan mereka menemukan bahwa pelanggannya memiliki keinginan buat membeli iPhone yg lebih mahal,” kata Wayne Lam, analis di IHS Markit.

iPhone XS, yg yaitu pengganti iPhone X, memiliki harga yg sama dengan smartphone dari tahun dahulu itu, US$999. Namun, perangkat ini kini menjadi ponsel pintar kelas menengah Apple dan bukan lagi kelas paling premium.

Apple juga launching iPhone XR buat orang yg ingin mendapatkan smartphone dengan harga yg relatif lebih terjangkau dari kedua iPhone baru.

Strategi baru Apple ini juga memperlihatkan bahwa mereka tak lagi berusaha buat memenangkan pasar besar yg masyarakatnya sensitif terhadap harga seperti India. Sebagai gantinya, mereka mulai fokus bagi menjual smartphone premiumnya. Apple mungkin dapat bersaing di pasar China.

“Saya memprediksi, iPhone XS Max warna emas mulai terjual dengan sangat baik di pasar China. Orang-orang di sana suka dengan ponsel besar dan warna emas dengan tingkat utilitas yg baik dan memiliki unsur mewah,” kata Avi Greengart, Research Director di GlobalData.

Apple tidak lagi berusaha menjangkau seluruh kelas konsumen. Kini mereka berusaha bagi mempertahankan posisi sebagai merek mewah.

Memang, alasan penting mengapa konsumen rela buat membeli iPhone dengan harga mahal karena mereka ingin mendapatkan logo Apple pada ponselnya. Mereka tak terlalu peduli mulai fitur baru yg Apple tertanam pada iPhone.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

September 18th, 2018 Kategori: Info Teknologi dan Gadget

Berikan Tanggapan untuk :IPhone Makin Mahal, Tapi Pecinta Apple Tak Peduli

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *