Nokia Kalahkan Samsung Untuk Hal Ini

Nokia Kalahkan Samsung untuk Hal Ini,

facebook twitter
function shareFb() {
window.open(“https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=https://teknologi.inilah.com/read/detail/2543716/Nokia-Kalahkan-Samsung-untuk-Hal-Ini”, “_blank”);
}
.txt-detail p { margin-bottom:27px; line-height:1.9; }

Hong Kong – Meski kalah pamor dengan brand smartphone lain, namun ternyata Nokia menang dalam adu cepat pembaruan sistem operasi Android.

Brand yg berada di bawah naungan HMD Global itu dinobatkan sebagai vendor smartphone yang paling cepat merilis update Android dibandingkan merek besar lainnya, seperti Samsung.

Laporan terbaru dari firma riset pasar Counterpoint menyebut bahwa sebanyak 96 persen perangkat Nokia kini telah memakai sistem operasi Android 9.0 Pie, sementara 4 persen sisanya masih Android 8.1 Oreo.

Menurut Counterpoint, angka tersebut dihitung selama periode penjualan di kuartal tiga (Q3) 2018 hingga akhir kuartal beberapa (Q2) 2019.

Angka 96 persen itu diperoleh dari kombinasi perangkat lama yg yg melakukan update sistem operasi, maupun perangkat baru yg telah dipasangi Android 9.0 (pre-install) saat dijual.

Tingkat adopsi tersebut terbilang sangat tinggi dan berselisih hampir 10 persen ketimbang merek lainnya.

Samsung yg menduduki peringkat kedua, memiliki 89 persen smartphone dengan Android Pie. Banyaknya model smartphone yang dimiliki Samsung, akan dari flagship hingga low-end, kemungkinan membuat persentase tersebut menjadi lebih kecil seandainya dibandingkan dengan Nokia.

Posisi berikutnya diisi oleh vendor smartphone asal China, Xiaomi dan Huawei, yg masing-masing dengan angka 84 persen dan 82 persen.

Direktur Riset Counterpoint Peter Richardson menyampaikan bahwa pembaruan sistem operasi dan keamanan adalah beberapa aspek yg mendapat perhatian relatif lebih kecil dari smartphone Android.

Dia pun menyampaikan cuma ada dua brand saja yg menaruh perhatian besar pada beberapa aspek tersebut.

“Mungkin karena vendor tak membicarakannya, kesadaran konsumen juga menjadi rendah. Pembaruan sistem operasi dan keamanan tak masuk dalam daftar sepuluh fitur yg dianggap paling utama oleh konsumen,” kata Richardson.

Padahal menurut dia, sistem operasi menjadi hal yg krusial. Pasalnya, ada banyak komponen dan fitur pada smartphone yg memiliki ketergantungan pada pembaruan sistem operasi.

“Banyak fitur utama, termasuk masa pakai baterai, prosesor, kamera dan memori yg memiliki hubungan dengan kinerja sistem operasi yg menopangnya. Kami yakin hal tersebut utama bagi pengalaman konsumen secara keseluruhan,” tambah Richardson. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

September 4th, 2019 Kategori: Info Teknologi dan Gadget

Berikan Tanggapan untuk :Nokia Kalahkan Samsung Untuk Hal Ini

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *