Tuduhan Mata-mata, Polandia Tangkap Pegawai Huawei

Tuduhan Mata-mata, Polandia Tangkap Pegawai Huawei,

.txt-detail p { margin-bottom:27px; line-height:1.9; }

Warsawa – Pihak berwenang Polandia dilaporkan sudah menangkap seorang pegawai Huawei yang berasal China dan seorang mantan pejabat keamanan Polandia atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata.

Namun, menurut informasi pihak berwajib kepada Reuters, tuduhan tersebut terkait dengan tindakan secara individu, dan tak terkait segera dengan Huawei.

Juru bicara dinas keamanan Polandia, Stanislaw Zaryn, menyampaikan bahwa Badan Keamanan Dalam Negeri Polandia (ISA) sudah menahan seorang warga negara China dan seorang mantan pejabat keamanan Polandia pada 8 Januari 2019 karena tuduhan melakukan kegiatan mata-mata.

Dia juga menyampaikan bahwa kedua pria itu sudah mendengar dakwaan dan mulai ditahan selama tiga bulan.

“Hal ini berkaitan dengan tindakannya, itu tak ada hubungannya dengan perusahaan tempat dia bekerja,” kata Zaryn terkait pria warga negara China itu.

Sumber Reuters yang mengetahui persoalan ini menyampaikan seorang pegawai Huawei bernama Wang Weijing sudah ditangkap tapi tak dituntut.

Profil LinkedIn Wang memamerkan bahwa dia sudah bekerja bagi Juawei divisi Polandia sejak 2011 dan sebelumnya menjabat sebagai atase bagi Konsulat Jenderal China di Gdansk pada 2006-2011.

Saluran TV publik Polandia TVP mengatakan bahwa pria Polandia itu adalah mantan perwira ISA, dan bahwa pihak keamanan sudah menggeledah kantornya ketika ini, perusahaan telekomunikasi Orange Polska. Kantor lokal Huawei juga digeledah.

Kementerian luar negeri China menyampaikan ‘sangat prihatin’ dengan laporan itu, dan mendesak Polandia bagi menangani perkara ini ‘dengan adil’.

Sementara itu, dalam pernyataan tertulisnya Huawei menyampaikan bahwa mereka mengetahui situasi tersebut, namun tak berkomentar lebih lanjut.

“Huawei mematuhi segala hukum dan peraturan yg berlaku di negara tempat Huawei beroperasi, dan kalian mewajibkan setiap karyawan bagi mematuhi hukum dan peraturan di negara tempat mereka tinggal,” kata Huawei.

Belakangan ini, Huawei menghadapi pengawasan ketat di negara-negara Barat atas hubungannya dengan pemerintah China dan tuduhan bahwa peralatan punya mereka itu bisa digunakan oleh Beijing buat memata-matai.

Tidak ada bukti yg dibeberkan kepada publik, dan Huawei sudah berulang kali membantah klaim tersebut, namun tuduhan itu sudah menyebabkan sejumlah negara Barat membatasi akses Huawei ke pasar mereka.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Januari 14th, 2019 Kategori: Info Teknologi dan Gadget

Berikan Tanggapan untuk :Tuduhan Mata-mata, Polandia Tangkap Pegawai Huawei

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *